BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Surat
adalah sarana untuk menyampaikan pernyataan – pernyataan atau informasi secara
tertulis dari pihak satu kepihak yang lain, baik nama sendiri maupun atas nama
jabatannya dalam sebuah organisasi atau instansi dalam perusahaan. Informasi
yang disampaikan berupa pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, dan
sebagainya.
Dalam
sebuah perusahaan, pengolahan surat sangat penting dalam dunia perkantoran,
sebab jika surat tidak dikelola maka akan berakibat buruk bagi perusahaan
tersebut. Karena surat sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan suatu
perusahaan, dengan adanya surat maka itu menandakan adanya hubungan kerja
antara perusahaan dengan perorangan maupun dengan perusahaan lain maka apabila
surat tidak dikelola dengan baik maka akan terjadi hubungan yang kurang baik
antara perusahaan dengan perorangan maupun dengan perusahaan lain tersebut.
Dengan
tujuan untuk mempermudah pemahaman atas penanganan surat pada PT. Kertas Leces
(Persero) Probolinggo maka diperlukan prosedur penanganan surat masuk dan surat
keluar. Sehingga, tugas Humas dalam penanganan surat di PT. Kertas Leces
(Persero) Probolinggo diharapkan mampu menciptakan alur komunikasi dan citra
yang positif bagi perusahaan demi memperoleh mitra kerja yang bisa menciptakan
hubungan yang saling menguntungkan.
Memperhatikan
latar belakang diatas, maka dengan ini penulis berkesimpulan untuk menyusun
laporan On the Job Training dengan
judul “Prosedur Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada PT. Kertas Leces
(Persero) Probolinggo”.
B.
Rumusan
Masalah
Dengan
memperhatikan latar belakang masalah diatas maka penulis merumuskan
permasalahan yang diambil dalam laporan ini adalah “Bagaimana Prosedur
Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada PT. Kertas Leces (Persero)
Probolinggo?”
C.
Tujuan
On The Job Training dan Penulisan Laporan
1. Tujuan
On the Job Training (OJT)
a) Bagi
Mahasiswa
1) Sebagai
tolak ukur persiapan bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang
sesungguhnya.
2) Melatih
mahasiswa agar dapat bekerja serta mandiri sehingga dapat menjadi rekan kerja
yang mampu mengembangkan potensi dan keahlian masing – masing.
3) Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktek kerja pada
perusahaan secara nyata
sehingga dapat mempercepat
terbentuknya pribadi yang siap kerja.
b) Bagi
PT. Kertas Leces (Persero)
1) Memberikan
kesempatan bagi peserta OJT untuk berprestasi serta mampu mengembangkan
kemampuannya menjadi tenaga kerja yang profesional.
2) Agar
dapat menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan pekerjaan.
c) Bagi
Wearnes Education Center
1) Untuk
meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa dalam proses pendidikan dan pelatihan
kerja yang berpotensi.
2) Untuk
memperkenalkan Lembaga Pendidikan Wearnes Education Center kepada perusahaan
yang bersangkutan.
3) Menyiapkan
calon – calon tenaga kerja yang mempunyai pengalaman kerja.
4) Menjalin
kerjasama dengan instansi atau perusahaan yang bersangkutan.
2. Tujuan
Penulisan Laporan
Adapun tujuan
dari penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui prosedur penanganan surat
masuk dan surat keluar pada bagian humas di PT. Kertas Leces (Persero)
Probolinggo.
D.
Kegunaan
On The Job Training dan Penulisan Laporan
1. Kegunaan
On the Job Training (OJT)
a) Bagi
Mahasiswa
1) Dengan
diadakannya On the Job Training (OJT)
maka mahasiswa dapat mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang dunia kerja
yang sesungguhnya.
2) Dapat
menciptakan kedisiplinan, kemandirian dan menciptakan pribadi yang bermental
kuat serta dapat menerapkan keahlian yang selama ini diperoleh di lembaga pada
saat mengikuti perkuliahan.
b) Bagi
PT. Kertas Leces (Persero)
1) Dengan
adanya On the Job Training (OJT)
secara tidak langsung perusahaan atau instansi merasa terbantu dalam
pelaksanaan operasionalnya.
2) Dapat
menyeleksi peserta On the Job Training
(OJT) untuk ditempatkan atau langsung terjun ke dunia kerja.
c) Bagi
Wearnes Education Center
1) Sebagai
tolak ukur sejauh mana lembaga berhasil mendidik mahasiswanya sehingga mereka
dapat menyalurkan kemampuan yang selama ini mereka peroleh.
2) Menambah
mitra kerja, baik lembaga pendidikan maupun instansi – instansi.
2. Kegunaan
Penulisan Laporan
a) Bagi
Mahasiswa
1) Mahasiswa
dapat lebih mengerti dan memahami tentang prosedur penanganan surat masuk di
bagian Humas pada Pt. Kertas Leces (Persero) Probolinggo.
2) Mahasiswa
lebih memahami dan mendalami mata kuliah yang telah didapat selama kuliah,
khususnya mata kuliah metode penulisan.
b) Bagi
PT. Kertas Leces (Persero)
1) Sebagai
masukan yang diharapkan dapat membantu dan menyelesaikan masalah atau kendala
yang ada.
2) Dapat
mengetahui kemampuan mahasiswa yang dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan
perekrutan tenaga kerja.
c) Bagi
Wearnes Education Center
1) Agar
pembaca khususnya penulis dapat mengetahui prosedur penanganan surat masuk di
PT. Kertas Leces (Persero) Probolinggo.
2) Sebagai
tolah ukur lembaga dalam mendidik mahasiswa untuk mencetak calon – calon kerja
yang siap bersaing.
E.
Ruang
Lingkup Masalah
Ruang lingkup
penulisan yang penulis sajikan dalam laporan On the Job Training (OJT) tidak mencakup keseluruhan kegiatan yang
ada pada PT. Kertas Leces (Persero) Probolinggo, akan tetapi penulis membatasi
ruang lingkup dengan menekankan pada prosedur penanganan surat di bagian Humas
pada PT. Kertas Leces (Persero) Probolinggo.
F.
Jenis
dan Sumber Data
1. Jenis
data
Adapun jenis
data yang penulis gunakan dalam laporan ini adalah data kualitatif yang berupa
uraian suatu masalah tanpa adanya proses perhitungan. Contoh : gambar umum
perusahaan, struktur organisasi.
2. Sumber
data
a) Data
Primer
Sumber data
yang diperoleh secara langsung dari objek pengamatan. Dalam hal ini PT. Kertas
Leces (Persero) terutama pada bagian Humas.
b) Data
Sekunder
Selain dari
penjelasan para karyawan, sebagaian dari data yang diperoleh penulis dari
dokumen – dokumen perusahaan dan dari buku referensi perpustakaan.
G.
Teknik
Pengumpulan Data
Untuk
mengumpulkan data – data yang penulis gunakan menyusun laporan ini, maka
penulis melakukan 3 pengamatan antara lain :
1. Pengamatan
(Observasi)
Cara pengumpulan data dengan
melakukan sebuah pengamatan secara langsung tentang kegiatan prosedur penanganan
surat masuk di PT. Kertas Leces (Persero) Probolinggo.
2. Wawancara
(Interview)
Cara
pengumpulan data dengan tanya jawab secara langsung kepada pembimbing On the Job Training (OJT) dan pada
karyawan yang diberikan wewenang untuk memberikan informasi yang bersangkutan
dengan prosedur penanganan surat masuk di PT. Kertas Leces (Persero)
Probolinggo.
3. Dokumentasi
Teknik
dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
mempelajari dokumen – dokumen yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Dalam
hal ini penulis mempelajari tata cara menerima surat setiap surat masuk di PT.
Kertas Leces (Persero) Probolinggo.
4. Studi
Pustaka
Studi pustaka
adalah cara pengumpulan data dengan cara mengambil data – data yang terkait
dengan materi pembahasan berdasarkan pada buku referensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar